Obat Jerawat

Stress adalah salah satu penyebab jerawat.
Kalo aku stress gara-gara jerawat yang muncul seenaknya tanpa permisi, maka jerawatku malah tambah banyak. Jadi intinya jangan dipikirin. Enjoy aja... *eh

Dulu pernah jerawatan sampe lumayan parah, pernah coba ini-itu juga.. tapi gak ngefek dan akhirnya facial. Alhamdulillah setelah itu mendingan lah... tapi bertahan cuma sebulan doang kayaknya -__-
Jadi akhirnya aku jadi mencoba beberapa macam masker dari berbagai macam sumber:

Timun dipotong-potong dan digosok-gosokkan ke muka sebelum tidur, lalu bilas. Besok paginya jerawat yang baru mau muncul sudah hilang dengan sendirinya. - Fatia
Pake tomat! tiap pagi sama malam sebelum tidur, tomat dibelah dua dan digosok-gosokkan ke wajah. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih. - Chacha
Masker Aspirin. 2 tablet aspirin ditambah satu sendok madu dan air secukupnya. BHA dalam aspirin mampu mengelupas kulit mati akibat jerawat. Setelah dipakai, kulit akan menjadi silky and soft. You'll like it after you wash your face. - Lina Kim *aku menambahkan beberapa tetes tea tree oil.
(Air perasan daun saga + air rendaman beras + sari pati bengkoang) dicampur jadi satu, dipakai tiap hari. Dua minggu kemudian sudah kelihatan bedanya. Cocok juga dipakai untuk penderita jerawat batu. Udah ada yang pernah pake dan berhasil. Bahkan bekas-bekas jerawatnya hilang. Itu resep dari guru kimia. - Ardiyanni *sumfeh ini masker paling rempong!

Semua masker di atas adalah yang alami dan yang bisa dibikin sendiri. Kerjanya lambat. Butuh kesabaran deh pokoknya. Sekarang produk pasarannya nih:

Shiseido mask. Aaaakk... ini masker yang paling menyiksa. Bentuknya peeling, warnanya item dan daya rekatnya kuat banget. katanya sih biar sekalian ngangkat komedo. Karena aku nggak komedoan, jadi nggak terlalu ngerasa keangkat tuh jerawat kecil-kecilnya.
Pure Skin mask. 1 sachet untuk sekali pakai. Bentuknya clay mask, warnanya biru, ada scrubnya juga (yang warna putih), rasanya DINGIN banget. Pakai ini malam hari, besok paginya jerawat kecil-kecilnya kering, bisa dikelupas dan nggak meninggalkan bekas.
Masker jamu yang telah berdiri sejak dulu kala. Nggak mau nyebutin merk ah. Pemakaiannya dicampur air mawar. Pakainya 2 kali. Pertama peeling, yang kedua baru maskernya. Nggak terlalu ampuh ngobatin jerawat, tapi kalo kulit muka sedang lelah, pakai ini bisa seger lagi. Buat pencegahan jerawat cocok nih. Pernah pakai yang tomat. Pedes banget asli ga bo'ong. Setelah itu kulitnya jadi licin... pernah pakai yang masker jerawat, ya itu tadi, cuma buat pencegahan doang.

Setelah lelah mencari solusi, akhirnya... biar cepet aku beranikan facial dan merasakan sebagian siksa dunia sebentar... memang setelah itu mukanya kayak abis digebukin, tapi beberapa hari kemudian insyaAllah udah berseri lagi. hhaha....

Kalo udah berseri, jangan keburu seneng dulu. Jerawat bisa datang lagi. Tetep jaga jangan sampe jerawatan lagi. Rajin-rajin cuci muka, rajin maskeran, pake powder lotion atau yang bubuk aja (jangan pake compact powder apalagi yang two way cake), pakai UV Protection Lotion untuk mencegah bekas jerawat jadi kehitam-hitaman kena sinar matahari.

Buat perawatan kulit berminyak, tiap bangun tidur lap wajah dengan air hangat untuk mengangkat minyak yang menempel. Baru setelah itu basuh dengan air dingin untuk mendapatkan efek kulit tampak awet muda. hhaha... (saran ini didapat dari internet)

Oia, tambahan nih. Kalo bisa, dibekam. Bekam dapat mengeluarkan darah kotor. Kemungkinan munculnya jerawat adalah karena penumpukan darah kotor. Jangan lupa juga, rajin olah raga biar sirkulasi darah lancar. Kemungkinan juga aku jerawatan gara-gara jarang olah raga nih belakangan ini. :(

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Acne or Pimple is a BIG Problem that crosses the borders of age, gender, race and social status. Benzac AC is a topical water-based gel wiyh its active ingredient benzoyl peroxide perfect for the treatment of acne. Benzac AC aparts from its acne-treatment counterparts is that it does not contain alcohol and it is fragrance free. Read more at:
    http://kidbuxblog.com/hard-on-acne-soft-on-skin/

    ReplyDelete

Search This Blog