Apakah Wanita yang Sedang Haid Boleh Membaca Al-Quran?

Apakah Wanita yang Sedang Haid Boleh Membaca Al-Quran?
Menurut ust. Felixsiauw melalui akun twitternya, seperti inilah kira-kira:
 
Lelaki dan wanita, sama dicipta sempurna. Mereka dicipta sebaik-baik penciptaan oleh Sang Pencipta. Adapun perbedaan diantara mereka bukan berarti pilih kasih. Ia dimaksudkan melengkapi satu sama lain hingga utuh.

Bagi Muslimah, ia dapatkan kehormatan dari Allah dengan miliki rahim yang membentuk hubungan kerabat, silaturahim. Karena itulah wanita selalu didatangi tamu bulanan, bukan sebagai hukuman namun sebagai tanda kesuburan. Maka haid harusnya tidak dianggap jadi beban, itu hanya bentuk ibadah kepada Allah dengan cara yang lain.

Saat haid shalat yg ditinggal karena Allah adalah pahala. Larangan-larangan yang ditaati karena Allah berbuah surga. Jangan dikira tak dapat lakukan shalat saat haid sebagai pengurang kebaikan. Bila itu diperbuat karena Allah itu sebenar kebaikan. Lagipula, tidak semua ibadah terlarang dilakukan saat haid. Masih banyak sekali ibadah yang tetap bisa dibuat saat haid.

Membaca Al-Qur'an, dzikrullah, membaca buku Islam, berdoa, ikut kajian Islam dan sebagainya, takkan pernah habis kebaikan bagimu :)
membaca Al-Qur'an? bukankah tidak boleh dalam keadaan tak suci?
Begitulah pemahaman umum, mari kaji dalil kebolehannya.

Pertama-tama, ini adl dalil yg melandasinya, 
"tidak menyentuhnya (Al-Qur'an) kecuali orang-orang yg disucikan" (QS 56:79)

Juga hadits shahih dari Nabi Muhammad saw, 
"tidak boleh menyentuh Al Qur’an kecuali engkau dalam keadaan suci” (HR Al Hakim)

maka kedua dalil diatas cukup menjadi alasan tidak bolehnya wanita haid (tak suci) atau lelaki junub (tak suci) menyentuh Al-Qur'an. Maka mushaf Al-Qur'an (lembaran-lembaran Al-Qur'an), termasuk sampul dan keseluruhan buku, harus disentuh dlm keadaan suci. Namun dalil diatas membahas tentang menyentuh Al-Qur'an, bukan hukum membaca Al-Qur'an. Mmari kita simak dalil lain.

Satu waktu Rasulullah dan Aisyah sedang ingin melaksanakan umrah, namun Aisyah dapatkan haid pada masa itu. 

"lalu berhajilah, lakukan apa yg dilakukan oleh orang yg berhaji kecuali thawaf dan shalat” 
(HR Bukhari Muslim)

bila membaca Al-Qur'an adalah termasuk amalan utama bagi yg berhaji, maka ini menunjukkan bolehnya wanita haid membaca Al-Qur'an. Ibnu Taimiyah dalam Majmu Al-Fatawa juga menyetujui pendapat demikian, bahwa Muslimah boleh membaca Al-Qur'an saat haid.

boleh membaca Al-Qur'an saat haid, hanya saja bagi wnaita haid, dilarang mereka untuk menyentuh Al-Qur'an ketika membaca Al-Qur'an. Maka silahkan membaca Al-Qur'an, dan gunakan sarung tangan atau kain untuk memegang mushaf Al-Qur'an dan membalikkan halamannya.

kesimpulannya diperbolehkan membaca Al Qur’an bagi wanita haid dan nifas, asalkan tidak menyentuh mushaf Al Qur’an. Inilah pendapat Imam Malik, Abu Hanifah dan Imam Ahmad bin Hanbal, juga Imam Bukhari, Ibnu Hazm, dan Ibnu Taimiyah. Mengenai membaca Al-Qur'an dalam keadaan hadats kecil, maka itu boleh saja, namun lebih utama memiliki wudhu.

“kaum muslim bersepakat bolehnya membaca Al-Quran untuk org yg hadats kecil, lebih utama hendaknya dia berwudhu" (Imam Nawawi)

Bagaimana membaca hafalan Al-Qur'an?
Maka ia dibolehkan baik dlm keadaan hadats besar atau hadats kecil. Dekati Al-Qur'an, ia bacaan terbaik dimuka bumi. Bila TL terus kita pantau, Al-Qur'an lebih layak di kaji :)
begitu pula ikuti kajian di masjid, dalil yg dipakai sama, ketika Rasul perbolehkan segala hal pada Aisyah kecuali thawaf dan shalat. Maka ada pendapat yang mengatakan bahwa Muslimah haid pun boleh memasuki masjid selama ada keperluan ikuti kajian. Tentu saja selama Muslimah yg sedang haid ini bisa menjaga tidak mengotori masjid dan tempat shalat :)

demikian yg bisa kita share, kebenaran milik Allah. Pendapat lain bukan berarti salah, selama ada dalil, beda itu boleh.Termasuk amal yg boleh dilakukan saat haid: memotong rambut dan kuku, dan tidak perlu dikumpulkan untuk dicuci pas suci :)

FYI di Islam Itu Indah, ust. Maulana bilang sebaiknya rambut dan kuku dikumpulkan untuk dicuci setelah selesai haid. Wallahualam :-/

9 comments:

  1. makasi infonya ka..^_^ jazakillah khoiron katsiron

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga bermanfaat ya... :D

      Delete
  2. wah info di sini lebih lengkap dari blol lainnya, thx maju terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe.. makasii...
      makasii juga buat ust.Felix ^_^

      Delete
  3. Terimah kasih telah berbagi ilmu dan pengetahuan,

    oia salam kenal
    dari
    Pedagang Al Quran Readpen PQ15

    ReplyDelete

Search This Blog