Saatnya bekerja

Buat apa sih kerja? Mengisi waktu luang, daripada jadi pengangguran, buat biaya hidup sehari-hari, tabungan hari tua?

Gw pikir kerja itu buat menafkahi diri sendiri biar kecukupan dan yang penting senang. Kerja dengan hati, biar terasa nyaman, walaupun gaji seadanya gapapa. Sungguh gw pikir kerja itu yang penting hepi, gak peduli kantor gw bergengsi apa nggak, yang penting gw enjoy ada di sana.

Alasan gw itu sangat gak bisa diterima. Gw tau, banyak yang gak percaya. Lucu banget kalo kerja cuma buat begitu. Kerja itu buat nyari uang, keamanan finansial, tabungan hari tua. Jadi klo ada apa2, misalnya gw bosen sama kerjaan gw, alasan yang gw pake adalah, "saya butuh lebih banyak uang."

Dan baru kemaren banget, gw sharing masalah kerjaan sama tetangga kubikel. Gw ngasih tau pandangan gw yang sebenarnya tentang bekerja.

Si tetangga itu menyampaikan pendapatnya, bahwa bekerja memang sama dengan berkarya, dan menghasilkan uang. Perlu ditekankan, menghasilkan uang. Itu untuk tabungan di hari tua. Mumpung masih muda, manfaatkan potensi yang ada sebaik-baiknya. "Kalo kerja yang buat ngisi waktu luang itu, cocoknya kayak bos kita. Dia udah punya rumah, mobil, keamanan finansial." Katanya.

"Retno kenapa gak mau ngerjain project luar lagi?"
Oh itu menyita waktu istirahat gw. Kalo gw tidur jam 1 atau jam 2 pagi, misalnya, pasti gw bangun kesiangan. Klo bangun kesiangan itu pasti nggak semangat di sisa harinya.
"Oh, jadi masalahnya cuma gegara tidur? Kalo uang sih gak masalah ya?"
Nggg.... cemen banget yak?

Gw jadi inget nasehatnya Aa Gym, "salah satu tanda syukur itu adalah kita memaksimalkan potensi yang diberikan Allah."

Alhamdulillah Allah udah ngasih gw kesempatan dan skill di bidang programming. Ada baiknya, mumpung masih muda, gw fokusin aja dulu di sini. Emang rasa2nya kufur nikmat banget gw kalo nyerah di tengah jalan.

Padahal Allah udah ngasih modal skill ini buat bertahan hidup di kerasnya ibu kota *tsaaah masa mau gw sia-siakan? Tugas gw sekarang, mengembangkan skill ini biar jadi sesuatu yang bermanfaat dunia-akhirat.

Gak harus ngerjain project sampe tidur pagi juga sih, pinter2 bagi waktu aja. Gw lebih suka ngerjain project yang gw kerjain sendiri. Idenya juga dari gw. Rasanya senang bisa berkreasi sesuka-suka gw :)

Kita semua tau bahwa siapapun yang bersyukur maka Allah tambah nikmatnya. Siapa yang ingkar, tungguin aja azabnya. 'Audzubillah min dzalik.

Jadi, saatnya bekerja!
Hidup ini singkat, targetnya banyak.

2 comments:

  1. sakit nya tuh disini ya no???nyesel kan blkangnya??wakkakakakaa

    ReplyDelete
  2. lagian sih kmren ada tawaran 7 di tolak..wkwkwkw

    ReplyDelete

Search This Blog