Metode Menghafal Quran

Ada banyaaak sekali cara menghafal Quran, bahkan gw pernah dikasih buku "cara cepat menghafal Quran". Sorry gak gw baca sampe tamat. Hhihi... buku setebal itu, intinya sih ... NIAT.

Niatnya dulu yaaa, kakak.. ^^
 Sejak diajakin belajar bahasa Arab metode Mustaqilli di kantor, sejak kejadian memalukan di masjid Nabawi, sejak gagal rumpi dengan ibu2 bule di masjid, dan sejak orang asing bertanya "kau tau apa arti Ar-Rayaan?", sejak saat itu...

Gw jadi melihat lebih detail pada mushaf yang gw baca, bahkan tanpa sadar mengumpulkan kosa katanya. Hingga akhirnya, ketika gw menghafal salah satu surat dalam Juz 'Amma di commuterline pagi itu dengan gadget yang terpasang aplikasi Quran dari playstore... gw baru ngeh kalo ada fitur buat menghafalnya. Hhehehehe..... *kemana aja lu Ret...

Yang harus kita lakukan adalah: (1) download suara Syaikh pembaca Quran beserta (2) terjemahnya sesuai bahasa ibu (bahasa Indonesia). Setelah itu, pilih ayatnya dan klik "play".

Kita bisa membaca ayat sambil mendengarkan Syaikh melantunkannya. Pembacaan ini bisa diset untuk diputar berulang-ulang per ayat. Jadi sambil dengerin ayat yang gw putar berulang, gw juga baca artinya,  lalu dipahami kalimatnya. Lakukan begitu terusss menerus sampai habis satu surat.

Dan gw ngerasa kayak... "ini menghafalnya kayak yang di video ust. Nouman Ali Khan." jadi inget ketika beliau ceramah, seringnya dibubuhi ayat Quran yang diterjemahkan per kata dan dibahasa satu per satu. Keren.

Sepertinya gw cocok dengan metode ini. Gw ngerasa udah mulai susah menghafal, karena gak paham maknanya. Kalo faham kan bisa sambil membayangkan maksudnya. Bagaimana mungkin kamu menghafal tapi tak tau maknanya? *Plakk!

Di sini gw ngerasa pentingnya ilmu bahasa. Dengan penguasaan bahasa yang baik, kita bisa mendapat informasi lebih banyak lagi. Wawasan jadi bertambah, urusan jadi lebih mudah, dan hidup lebih berwarna. Semoga seterusnya dipermudah dan diperkuat niatnya. InsyaAllah. Aamiin...

1 comments:

  1. Terimaskasih ata metodenya yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Search This Blog